English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, May 18, 2011

ROAD TO FINAL Liga Europa: FC Porto

FC Porto punya rekor bagus dalam perjalanan mereka ke final Liga Europa musim ini.

Sejak dari awal turnamen, FC Porto sudah memulai kompetisi antarklub Eropa di kancah Liga Europa. Peringkat mereka di klasemen Premeira Liga Portugal musim lalu yang tak cukup baik menjadi alasan utama.

Namun begitu, di musim ini, Porto menunjukkan kelas dan kualitas sebagai tim besar dan bagus dalam perjalanan mereka ke babak final Liga Europa musim ini.

FC Porto memulai petualangan mereka di babak play-off Liga Europa. Racing Genk dari belgia menjadi lawan mereka dan dalam ujian pertama di kompetisi antarklub ini, Porto menang meyakinkan 7-2 secara agregate.

Pertemuan pertama di Belgia dituntaskan dengan kemenangan 3-0. Di leg kedua, di Dragao Stadium, Porto memastikan dominasi mereka dengan keunggulan 4-2. Tiket ke fase grup pun berada di tangan.


Di babak grup, FC Porto berada di Grup L bersama dengan Besiktas, Rapid Vienna dan CSKA Sofia. hebatnya, FC Porto menuntaskan enam laga mereka dengan tidak terkalahkan. Lima laga dituntaskan dengan kemenangan dan sisanya berakhir imbang.

Di fase knockout pertama, Sevilla menjadi lawan FC Porto. Sevilla juga sempat menjadi lawan Braga, finalis Liga Europa lainnya. Hasilnya pun tak jauh beda. Sevilla takluk dari FC Porto.

FC Porto berhasil menang di kandang Sevilla di pertemuan pertama dengan skor 2-1, namun kalah di leg kedua dengan skor 1-0. Tapi karena produktifitas gol yang lebih baik di kandang lawan, FC Porto pun lolos ke babak 16 besar.

Di level yang lebih tinggi ini, CSKA Moskwa menjadi lawan FC Porto. Wakil Rusia itu gagal sama sekali menandingi FC Porto di mana mereka kalah dua kali, 1-0 di kandang sendiri dan 2-1 di stadion FC Porto.

Spartak Moskwa yang menjadi lawan FC Porto berikutnya juga bernasib sama, bahkan bisa dikatakan lebih parah. Pasalnya, gawang mereka jebol lima kali dalam setiap pertemuan. Saat laga di Dragao, FC Porto menang 5-1 dan unggul 5-2 di laga berikutnya.


Laju Porto ke final juga tak bisa dihadang Villarreal. Peluang wakil Spanyol itu bahkan terlihat tertutup setelah di leg pertama kalah 5-1. Leg kedua di El Madrigal, Villarreal juga tak bisa berbuat banyak untuk membalikkan kedudukan. Porto mempermalukan 'Kapal Selam Kuning' dengan skor 3-2.

Rekor Porto dari babak awal hingga final yaitu 14 kemenangan, satu seri dan satu kalah. Kini tinggal Braga yang harus ditaklukkan untuk bisa menuntaskan musim ini dengan indah.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "ROAD TO FINAL Liga Europa: FC Porto"

Post a Comment